Rabu, 05 Maret 2008

Buku resep

Waktu Marty umur 4-5 bulan gue pernah beli beberapa buku resep MPASI (makanan pendamping ASI) untuk kebetan kalau Marty udah makan. Buku-buku ini karangan ahli kuliner dan ahli gizi, paling nggak begitu yang tertulis di profil pengarangnya. Tapi entah gimana buku-buku itu terselip hilang entah kemana & akhirnya terlupakan, ditambah lagi Marty menolak utk makan mulai dari hari ke 3 MPASI sampai umurnya 11 bulan, jadi emaknya nggak usah repot2 bikin makanan yg canggih-canggih, hehehehehe….

Beberapa hari yang lalu buku-buku itu ketemu lagi. Ternyata terselip di tumpukan kertas bekas di meja komputer. Iseng-iseng gue baca, ternyata isinya banyak banget yg bertentangan dengan ilmu yg gue dapat dari milis. Di buku ini tertulis MPASI pertama kali diberikan utk anak 4 bulan, berupa puree buah dan bubur susu.
Untuk membuat bubur susunya memakai gula 1 sendok makan per porsinya. Bayangin aja, anak umur 4 bln dikasih gula segitu banyak!. Bukan hanya hampir semua resepnya menggunakan garam dan (atau) gula, tapi juga ada yg memakai santan, minyak goreng, susu sapi (whole milk) dan semua makanan diblender jadi satu. Selain itu penulis juga menganjurkan setelah anak berusia 6 bulan utk diberikan kuning telur selain MPASI. Kuning telur ini bisa ditambahkan di susu bayi. Maksudnya mentah gitu? bisa – bisa bonus Salmonella & flu burung dong……:D


15 komentar:

  1. untung ilang ya..
    gue banyak kebetan dari internet aja. termasuk blog ummi Marty.

    BalasHapus
  2. yg keluaran si ibu T*ti Soe**rdi bukan vin? buku MPASI yg bagus tuh yg punyanya Wied Harry tuh.. dia mah emang terkenal dg menu2 makanan sehatnya, smp punya acara kuliner sendiri kan di TV swasta..semua menunya ga rekomen penggunaan garam dan gula.. bhk buat menu org dewasa pun dibuat less sugar atau gula alami dari buah2an..

    BalasHapus
  3. hahahhaah....memang kudu ati2 Vivine apalagi bikin makanan buat bayi....duh jangan yang aneh2 dech kayaknya heheheheh.....

    BalasHapus
  4. Marty maemnya mulei 11bulan jadinya....

    BalasHapus
  5. hahaha...bener Vin...makanya dulu Nicky jg dibilangin sm dokter anaknya kalo mau ngasih kuning telur dimasak mateng aja (setengah mateng aja nunggu smp 2 thn dulu).

    Kalo putih telur ada baiknya ngga dikasih dulu soalnya bisa memacu reaksi alergi yg lbh tinggi dibanding kuningnya (albumin putih telur itu ngga semua anak kuat)

    BalasHapus
  6. malah jadi ungtung bukunya keselip ya hehehehe. iya tuh yang punya pak wied harry bagus, meski aku juga jarang bikin hehehe.

    BalasHapus
  7. syukur bukunya menghilang utk sementara ya hehehe....oya marty cuma mik susu aja donk mba'...krn ga mo mpasi

    BalasHapus
  8. Udah lama nih nggak masakin Marty makanan spesial, soalnya sekarang ini dia mau makan apa aja, jadi yah kebetulan deh...

    BalasHapus
  9. saya nggak ngalamin bikin makanan buat bayi, Marty mau makan pas udah bocah

    BalasHapus
  10. Iya mbak, untungnya sejak mau makan nggak kenal yang namanya mogok makan :D

    BalasHapus
  11. Kalo makan telur tiap hari bahaya nggak sih In? Udah hampir setahun ini Marty selalu minta telur rebus, walaupun tetap pakai lauk yg lain. Sehari dia bisa makan 2-3 butir telur rebus

    BalasHapus
  12. Iya yah, kalo nggak pasti udah ikut 'aliran sesat' hehehehe....

    BalasHapus
  13. Asli cuma mimik susu emaknya, sampe sakaw ASI he he he...

    BalasHapus
  14. wakakakakakakak... kalau ada sakaw yang g bahaya, ya sakaw ASI ini hihihi

    BalasHapus