Rabu, 04 Februari 2009

Ada Apa Dengan TV?

Udah hampir sebulanan ini Marty suka rewel dan jadi agak cengeng. Ini terasa aneh karena dia bukan anak yg suka menangis. Udah gitu manjanya jadi amit-amit ... Masa' Miminya lagi masak dia duduk ngedeprok di lantai sambil meluk kaki Mimi. Jadinya kalau Mimi jalan dia ikut terseret-seret. Atau kalau Mimi lagi nyetrika dia berdiri tepat di belakang Mimi sambil kepalanya dimasukkan ke dalam baju Mimi, weleh-weleh... Tapi seringnya dia minta ditemani nonton di saat Miminya lagi sibuk dan kalau keinginannya tidak terpenuhi dia merengek-rengek.

Mimi biasa mengajaknya 'negosiasi' sebelum dia merengek. Misalnya Mimi bilang
"Marty temani Mimi masak dulu baru setelah itu Mimi temani Marty nonton". Dari kecil sudah terbiasa begitu dan pasti berhasil. Tapi sekarang ini cara itu sering gagal sampai akhirnya beberapa hari yang lalu rengekannya berubah jadi tangisan gara-gara dia maksa minta ditemani sementara Mimi mau sholat. Asli, waktu itu emosi udah naik ke ubun-ubun , Mimi jadi marah dan Marty nangis minta maaf sambil meluk Mimi. Setelah itu Mimi juga minta maaf karena sudah marah. Waktu dinasehati Abi kelihatannya dia ngerti tapi nggak lama kemudian dia mengulangi lagi ulahnya. Sebenarnya Mimi mau rayu dulu seperti biasanya tapi kata Opa Mimi terlalu manjain Marty, sekali-kali biarkan aja nanti juga diam sendiri. Mimi tahu sekali karakter Marty dan tahu cara itu nggak akan berhasil. Tapi biar Opa liat sendiri, jadi Mimi masuk kamar begitu Marty nangis. Yang ada Marty tambah nangis, malah jadi meraung -raung waktu digendong Abi. Di kamar Mimi juga nangis dengar raungannya . Lebih dari setengah jam kemudian baru dia diam, tertidur karena capek. Tapi tidurnya cuma 5 menit, begitu Mimi cium pipinya dia nangis jerit-jerit lagi. Tangisnya langsung berhenti begitu Mimi peluk dan gendong. Malam menjelang tidur baru Mimi ajak bicara, menurutnya dia kesepian karena nggak punya teman jadi Mimi harus menemani. Selain itu dia minta diajak ke museum dan ke Monas. Bwahahahaha...ini gara-gara di sekolah waktu gurunya nanya "siapa yang sudah pernah ke Monas" trus teman-temannya tunjuk tangan semua sementara Marty malah bingung.

Hasil diskusi Mimi sama Abi sepertinya (mungkin) Marty masuk masa Temper Tantrum. Atau kemungkinan ke-dua ini karena TV. Kenapa TV? dulu sebelum umurnya 2 tahun Marty tidak pernah nonton TV. Setelah umur 2 tahun dia baru "kenal" TV tapi waktu itu dia masih sibuk main jadi belum terlalu peduli, lagipula dulu TV disimpan di kamar tengah jadi Marty malas nonton karena dia masih belum bisa duduk anteng. Nah sudah kira-kira setengah tahun ini TV dikeluarkan dan dia jadi suka nonton. Salahnya Mimi kadang kalau Mimi sedang sibuk Marty malah Mimi biarin nonton TV supaya tidak mengganggu. Malah kalau kita masih banyak kerjaan Marty suka tertidur di depan TV baru setelah itu digendong ke kamar. Sudah lebih dari sebulan ini frekwensi mainnya berkurang. Dia lebih senang tiduran atau main di kasur depan TV walaupun nonton TVnya masih dijatah pagi & sore atau setelah Maghrib. Puncaknya kira-kira dimulai seminggu yang lalu, dia melarang Mimi melakukan aktifitas apapun kecuali menemaninya di kasur depan TV, bahkan makan, sholat dan ngajipun di kasur itu.

Akhirnya setelah kejadain ngamuknya itu decoder tv cable dipindah ke TV lain yg ada di kamar belakang. Dia cuek aja walaupun sesekali masih suka nanyain. Sebagai gantinya kita keluarkan mainan - mainannya yang besar-besar (yg selama ini disimpan karena cuma bikin berantakan ; sepeda, mobil accu, kuda-kudaan, mobil bayi dan magic car. Jadi sekarang dia sibuk  main lagi dan perhatiannya teralih dari TV. Dia sempat nonton TV lokal tapi cuma bertahan 5 menit. Akhirnya TV masuk lagi ke kamar tengah dan Marty sama sekali nggak protes. Sudah 3 hari ini dia ceria lagi, jumpalitan lagi dan tidak manja lagi. Mudah-mudahan ini memang cuma gara-gara TV bukan temper tantrum beneran

9 komentar:

  1. ahhh itu mah temper tantrum lagiiiiiii..
    bukan sekedar krn tipiiiiii..*devil grin*

    BalasHapus
  2. huhuhuhuhu...kalau memang temper tantrum berarti emaknya harus stok sabar ekstra banyak. Asli gak ada indah2nya liat balita jejeritan. Baru sekali ini ngalamin, nggak pingin lagi. Gue lagi browsing file temper tantrum nih, buat tambahan ilmu.

    BalasHapus
  3. mmm sbnrnya sih vin, klo kata gw, itu bukan efek tv.. tp marty emang lagi cari perhatian.. apalagi elonya sibuk di rumah kan..
    naura jg tukang nonton tv.. tapi gw liat sih tantrumnya dia ngga ada kaitan ama tv.. emang dia lagi cari perhatian aja..
    kalo gw lg rajin nemenin dia, entah nonton tv, atau nemenin main/gambar/ngewarnain, dia gak akan protes saat gw melakukan aktivitas gw..
    tapi klo gw lg sibuk berat -apalagi sejak pembantu gw cabut dan gw jd ngerjain kerjaan RT, ya masak-nyuci- otomatis dia pasti komplen..
    bbrp hari blkgn ini, stlh pembantu gw cabut, tiap pagi gw jd sibuk banget, masak dulu, nyuci dulu. pdhl biasanya pagi2 itu gw sempet bercengkrama dulu sama naura.. nyisirin dia, nemenin dia sarapan smbl nonton film kartun dinosaurus, ngobrol2 dulu, becanda..
    skrg jd ga sempet dah..jd yg ada tiap gw mau berangkat, dia pasti komplen "mama ga boleh kerja! naura kangen sama mama.."
    malem2 aja, sepulang gw kerja, gw mau sholat pun gak dikasih loh bo, sama dia.. gw mo ngaji malah dipukulin ama dia.. smp terpaksa gw kasih time out, padahal dia udh nangis2 kejer..
    and the only reason why she did that, is because she misses me so much..
    hiks..

    BalasHapus
  4. padahal Marty setiap saat bisa liat Miminya yah, msh aja menuntut perhatian, gimana Nadia :((((

    BalasHapus
  5. Mungkin memang bukan karena tipi, tapi nonton tipi selalu jadi alasan minta ditemani. Dari dia brojol kan udah biasa dicekin karena sibuk sama kerjaan rumah, baru ini aja protesnya. Sejak TV disimpan dia sibuk lagi kaya' dulu, emaknya dicuekin. Mudah-mudahan begitu terus...Kalo masih rewel juga gue mo cari ART yg pulang sore. Kalau kata Abinya pindahin aja sekolahnya yg masuk tiap hari biar dia sibuk dan banyak teman. Kalau kata Marty nya sendiri Mimi beli adek aja di Carrefour buat temenin Marty main :D

    BalasHapus
  6. Karena ketemunya 24/7 malah suka nggak berkwalitas mainnya. Ini lagi cari-cari ide lagi buat main sama Marty

    BalasHapus
  7. haha anak cerdas!

    eh Marty kaya'nya di Giant lagi diskon deh adeknya hihi.........

    BalasHapus
  8. alhamdulillah masih belum suka nonton tv...:)

    BalasHapus
  9. kebayang si mimi jalan sambil nyeret marty.. udah sini maen sama hanif, jadi para emak bisa bebas ngapa2in hehe

    BalasHapus