Minggu, 02 Agustus 2009

Belajar membaca



Marty lagi suka sekali belajar membaca. Well, bukan membaca sih sebenarnya melainkan mengeja huruf. Kan dia sudah hafal semua abjad, jadi aja kerjaannya 'baca' terus.
Belajarnya juga sambil lalu aja, karena marty nggak pernah mau kalau belajar serius.
Sebenarnya Mimi nggak pernah dengan sengaja mengajarkan. Awalnya karena dia selalu penasaran pingin nyalain laptop Mimi yg dipasang password BIOS. Akhirnya Mimi akalin. Password BIOSnya diganti seminggu sekali. Misalnya minggu ini ABCDE minggu depannya Mimi ganti lagi jadi FGHIJ. Begitu terus sampai akhirnya dia hafal semua huruf kapital (seperti yg tertera di tuts keyboard)
Cara dia menghafal juga lucu. Dia mengumpamakan setiap huruf dengan sesuatu, semua karangannya sendiri. Misalnya huruf B seperti kacamata, huruf C seperti makaroni atau huruf E seperti sisir, huruf J seperti gagang payung dan huruf L yg seperti sepatu. Ada juga yg unik, misalnya huruf F yg katanya seperti tang pengupas kabel atau huruf H yg seperti setir mobil (maksudnya lambang Honda di kemudi), huruf T seperti air mancur dan huruf Y seperti resluiting celana yg terbuka,hahahahaha. Banyak deh yang lucu, khas anak-anak lah pokoknya, Mimi nggak hafal satu persatu soalnya. Terusnya ada juga huruf yg tidak ada perumpamaan berupa benda, melainkan diperagakannya dengan anggota tubuh & gerakan badan. Huruf2 itu adalah A, K,M, N, W, Z (kalo nggak salah). Jangan ditanya deh gimana dia memperagakan huruf2 itu, akrobat pokoknya !!!
Tapi justru karena itu dia jadi cepat menghafal abjad.
Sekarang dia mulai bisa merangkai 2 huruf dan mulai bisa mereka-reka huruf yg ada di suatu kata. Misalnya dia tau di namanya (Martizar) ada huruf M, A, I dan R. Pokoknya setiap lihat tulisan yang terdiri dari huruf-huruf kapital pasti dieja nya.

Misalnya tadi nih. Dia sedang 'baca' tulisan yg ada di bola karet mainannya...

Marty : "F...O...R...Z...A... bacanya apa Mi???"
Mimi   : Forza *sambil ngajarin cara mengejanya*
Marty : M...I...L...A...N
Mimi   : Bacanya apa?
Marty : *dengan suara lantang dan PD* bacanya ceMILAN!!!!

Hahahahahaha...laper nak????

2 komentar:

  1. hebat ya Marty, imajinasinya keren banget waktu mengumpamakan abjad. gemes gemes gemes...

    BalasHapus
  2. Ada yg lucu yaitu huruf G, katanya seperti tulisan di busway. Lama tuh gue nggak ngerti apa maksudnya, sampai suatu saat gak sengaja liat tulisan BBG di body busway. Ada-ada aja...

    BalasHapus