Minggu, 10 Agustus 2008

Kamulah satu-satunya...

Di rumah Marty punya teman main yg beda usianya cuma 3 minggu (Marty lebih muda), namanya Egy dan tinggal tepat di depan rumah kita. Dulu, waktu temannya ini belum lancar ngomong Marty paling ogah main bareng karena Egy nggak pernah membolehkan Marty main dengan mainannya. Bahkan mainan milik Marty sendiripun selalu direbut.

Akhir-akhir ini mereka mulai akrab. Si krucil temannya ini selalu menunggu di depan pagar rumah supaya diajak main. Ya, mainnya selalu di rumah kami karena selain Marty nggak suka main keluar rumah, si Egy makin egosentris (apa pelit yak? :D), jangankan Marty pinjam mainannya, ngeliatin aja nggak boleh, hehehehehe...

Yang bikin gue suka sebel karena Egy termasuk tipe destroyer. Hampir setiap main ada aja mainannya Marty yang rusak dan kalau sudah rusak dia nggak bakal mau lagi mainin. Kasihan si bebe, karena dia tipe yg telaten sama mainan, bahkan rattle nya waktu bayi aja masih disimpannya. Terakhir Egy matahin lampu scooter Marty hadiah sunatan, yang bikin Marty sedih banget. Akhirnya setiap Egy bertandang, mainannya yg 'lumayan' (kaya' mini gitar & koleksi hotwheelnya) disimpan dulu, hahahahaha....belajar pelit juga ya nak?

Dodolnya Egy selalu kabur pulang setiap selesai main meninggalkan Marty dengan setumpuk mainan yg pastinya berantakan. Marty sudah terbiasa membereskan sendiri mainannya, tapi kalau sudah terlalu capek dan terlalu berantakan kadang dia beresinnya sambil nahan nangis. Jadi suatu hari waktu Egy mau kabur gue tangkap dan gue ajak dia beresin mainan sama-sama. Tapiiiiiiiii....ibunya terlihat tidak senang begitu tahu anaknya disuruh beresin mainan. Duh...please deh, padahal anaknya main ke rumah bisa lebih dari 1 kali sehari. Bukan cuma 2-3 kali gue mergokin orang rumahnya sengaja masukin Egy ke dalam pagar kita supaya bisa main sama Marty dan mereka nggak perlu repot-repot jagain.

Masalah mulai timbul kira-kira 2 minggu yang lalu. Tiba-tiba aja Marty berubah jadi anak yg menyebalkan, ada yang salah dikit aja dia nangis2. Sehari bisa sampai 5-6 kali nangis karena hal remeh dan itu berlangsung setiap hari selama seminggu lebih. Ini di luar kebiasaannya karena biasanya dalam seminggu belum tentu Marty nangis. Mulanya gue berprasangka baik dan mengira kalau Marty sedang masuk masa temper tantrum. Tapi suatu hari, waktu dia lagi tenang gue ajak bicara baik-baik. Tahu apa jawabannya waktu gue tanya kenapa sekarang dia cengeng? jawabannya benar-benar di luar dugaan gue : "kan bial kaya' Egy tuka ngamuk-ngamuk!" Hahhhh???... Memang Egy ini suka ngamuk, bangun tidur aja nangis. Pokoknya dikit-dikit nangis dan kalau ada keinginannya yg nggak terpenuhi dia bisa ngamuk sambil guling-gulingan di tanah .

Akhirnya mulai minggu lalu gue mencegah (bukan melarang lho...) mereka berdua main. Pintu rumah selalu tertutup dan Marty gue kasih kesibukan supaya dia nggak merasa kehilangan temannya (tapi temannya yg jelas-jelas kehilangan, sebentar-sebentar teriak di depan pagar manggil Marty, hihihihihi...) dan hasilnya langsung jelas terlihat, Marty balik lagi jadi anak lucu dan nggak cengeng. Masa' sampe segitunya sih pengaruh teman?

Tapi gue harus cari cara lain supaya Marty bisa tetap main tanpa meniru kelakuan temannya. Masa' mo dilarang main, kasihan kan? mana temannya di rumah memang cuma satu itu...

 

18 komentar:

  1. kalo Raka punya temen kayak gitu, gue juga pusing Vine..
    maap ya ngga bantu.. ikutan pusing doang.

    BalasHapus
  2. Emang bikin pusing Inga, perasaan pingin gue geplakin deh :D

    BalasHapus
  3. Anak2 cenderung niru kelakuan temennya, kalo kelakuan yang baik gak papa, tapi kalo bawa pengaruh buruk mah menurut gw gak papa dilarang aja, Marti kan udah sekolah, sudah cukup 'sibuk'.

    Kalo suatu waktu ntar mereka maen lagi, bener kalo habis maen Egy suruh beresin, kan sama Marti juga beresin mainannya, kalo emaknya gak suka trus nglarang Egy maen sama Marti malah kebetulaannn... ;p

    BalasHapus
  4. Iya Tien, sementara ini memang gue larang dulu. Soalnya kalo Marty lag cengeng gitu suka bikin gue kesal. Dari pada gue marahin anak sendiri ya gak?

    BalasHapus
  5. Gimana kalo Marty diajarin buat ngewakilin emaknya geplakin kepala temannya, trus kan temannya jadi nangis dan dilarang main dengan Marty, kikikikikikikkkkk

    BalasHapus
  6. Mukanya kok mirip ya....

    *gak ngasih solusi nanya aza

    BalasHapus

  7. Jangan oiy... Ntar bukan lagi acara anak2, jadi acara emak2 - jambak2an ;p

    BalasHapus
  8. Haduh Vin, ya jangan atuh, hehehe.

    BalasHapus
  9. hihihihi, samaan kita. aku juga jadinya suka langsung bawa hanif ke atas dan tutup pintu. kalopun mau maen di bawah, aku ajak ke luar untuk liat binatang ketimbang nangkring di bawah tempat rafi suka maen. sebenernya kesian sih karena anak kita kan juga butuh temen, tapi daripada kena efek buruk, mending diumpetin aja kan. apalagi membahayakan model eggy n rafi.

    BalasHapus
  10. Nggak mirip kok mbak Shinta, cakepan Marty kekekekekekkkk....

    BalasHapus
  11. Emang enakan 'tutun tangan' sendiri, geplakin kepalanya kalo emaknya lagi meleng, hehehehehehe....

    BalasHapus
  12. Satu lagi yg gue suka kesal Rul, kalo pagar kebuka dia suka nyelonong aja bawa pulang mainan Marty. Kalo yg kecil2 mah udah beberapa yg hilang (walaupun kita nggak bisa nuduh). Yg gede2 kaya' magic car juga suka dibawa pulang diam-diam. Herannya ortunya diam aja lagi, nggak bakal balikin kalo nggak diminta

    BalasHapus
  13. disini ada juga tuh yang model begitu. pas pernah ketauaan ama aku bawa pulang mobil, terus aku tegor. dia bilang gini, eh iya lupa. padahal itu mobil dipegang ama dia hihihihi. sebenernya kalo aku vin, mengingat anak itu emang g punya banyak mainan gpp juga sih kalo dia minta. tapi sayangnya dia maen ambil aja dan kalau kita biarkan akan bahaya buat dia karena kita secara nggak langsung mendidik dia untuk nyuri. tul g??

    BalasHapus
  14. Terus terang sih gue nggak perduli, hahahahahaha.....gue gondok aja abisnya dia pelitnya minta ampun, giliran mainan Marty serasa milik sendiri. Mana kalo yg dibawa pulang mainan yg gede2 kaya mobl2an, otoped atau sepeda yg mainin bukan dia doang. Di rumahnya ada ytantenya yg masih SD. Pernah kapan itu bawa pulang magic car nya Marty trus dipake rebutan anak2 SD teman tantenya. Kalo rusak apa mau ganti?

    BalasHapus
  15. Asli dendam gue Tien. Kalo perlu ntar gue cemplungin ke got...hahahahaha

    BalasHapus
  16. Ya cemplungin sono, tapi jangan keliatan Marti ya, yang ada bukan Eky yang 'ngrusak' Marti malah emaknya sendiri, hahaha... Pissssss

    BalasHapus