Kamis, 10 April 2008

Marty di-Echo

Warning : Ini akan jadi postingan yg lumayan panjang!

2 hari terakhir adalah hari yg sangat berat buat gue. Berawal dari selasa sore kemaren waktu gue bawa Marty utk imunisasi Varicella. Harusnya imunisasi ini waktu dia umur 2 thn (bareng dgn Hep A & Thypoid), tapi berhubung waktu itu sepupu Marty lagi kena cacar air jadi imunisasinya ditunda karena DSAnya khawatir Marty juga sdh terinfeksi.
Sebelum di imunisasi seperti biasa dokternya meriksa kondisi Marty. DSAnya bilang kalo dia mendengar jantung Marty bergemuruh / bising dan ini bisa berarti kelainan jantung bawaan. Rasanya asli kaya’ disamber geledek atau dihantam pake’ palu godam. Berhubung udah pernah baca2 ttg masalah ini meluncurlah banyak pertanyaan dari gue. Apa kemungkinan terburuknya? Kenapa baru ketahuan sekarang, sedangkan kelainan jantung bawaan biasanya terdeteksi dari bayi? dll. Walaupun DSAnya bilang pada anak sehat & normalpun kadang terdengar bising seperti itu tetap aja nggak bisa menenangkan hati gue. Akhirnya DSAnya minta gue datang lagi besoknya membawa hasil rontgen dan akan dirujuk ke konsultan ahli jantung anak. Sore itu sehabis dari DSA gue sholat Maghrib di mushollah RS. Selesai sholat gue berdo’a dan nggak terasa gue udah nangis. Waktu itu gue berkeyakinan bahwa Allah nggak akan memberi cobaan yg nggak sanggup gue jalani dan gue ‘ngadu’ ke Allah bahwa terjadi sesuatu yg buruk pada Marty adalah salah satu yang nggak sanggup gue hadapi. Sambil gue berdo’a dan menangis, anak pintar ini cuma diam dan ngeliatin emaknya. Begitu gue selesai sholat dia ngelus-ngelus paha gue sambil bilang “mimi sabal ya….sabal ya mimi…” Duh, rasanya hati gue kaya’ terisis-iris.
24 jam berikutnya sangat berat rasanya. Gue benar-benar nggak bisa berfikir jernih. Setelah baca-baca mengenai kelainan jantung bawaan di internet malah bikin gue tambah mual. Di keluarga besar gue terkenal berhati batu, paling susah sedih dan nangis. Kali ini gue merasa Tuhan sedang ‘nyentil’ gue. Subhanallah, begitu besarnya arti mahluk kecil ini buat gue. Gue rela menukar berjuta-juta kesenangan duniawi dengan kesehatan & keselamatannya. Sehabis sholat malam baru gue bisa pasrah dan berserah. Gue bertekad apapun hasil konsultasi ke dokter jantung besoknya gue harus kuat dan gue akan mengusahakan yg terbaik.
Rabu sore kita ketemu sama dokter jantung anak. Hasil konsultasinya mengangkat sedikit batu yg rasanya memenuhi dada. Menurut opini & pengalaman beliau sebagai ahli, bisingnya ini termasuk innocent murmur, kadang memang terjadi pada anak sehat. Untuk menyingkirkan kemungkinan buruk beliau menyarankan utk dilakukan echocardiography (CMIIW). Menurut beliau anak sehatpun perlu dilakukan echo sebagai screening test minimal sekali seumur hidup utk memastikan bahwa anak itu memang benar-benar sehat. Pada kasus Marty Echo ini dilakukan selain sebagai screening juga utk menguatkan diagnosanya bahwa Marty benar-benar sehat. Untuk echo ini beliau menyarankan dilakukan di RSCM.
Tadi pagi kita ke Poli tumbuh kembang RSCM utk Echo. Setelah keliling lumayan jauh utk mencari lokasinya kita juga masih harus menunggu petugas yg belum datang dan ngantri urusan administrasi dulu. Alhamdulillah…Allahu Akbar…memang Allah maha pengasih & penyayang, dari hasil Echo terbukti memang nggak ada yang salah dengan jantung Marty. Gemuruh / bising jantungnya itu memang innocent murmur dan kemungkinan karena batuknya. Memang belakangan ini Marty batuk terus. Dia alergi sama cuaca, kalo mau hujan atau setelah hujan dia suka terbatuk-batuk sampai kadang sesak nafas. Batuknya ini membuat paru-parunya ‘bercorak’ (terlihat dari hasil rontgen) Dan karena jantung dan paru-paru saling berhubungan maka jadilah seperti itu, tapi ini bukan berarti ada kelainan di jantungnya. Kemungkinan lain bisa juga karena HB rendah, tapi ini harus dibuktikan dulu dengan tes darah.
Terima kasih ya Allah KAU kabulkan do’a kami…Sehat terus ya nak…




17 komentar:

  1. duh bikin deg2an aja.. pernah baca juga tuh soal innocent murmur (ampir ditulis murmer karena doyan belanja hehe)..
    alhamdulillah ya gpp. sehat terus dong Martong sayang :)

    BalasHapus
  2. Terima kasih tante Inga. Eh tapi di surat pengantar buat echo nya si dokter memang nulisnya murmer loh, hihihi.... Doyan belanja juga kali ye...:D:D:D

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah ga ada apa2 sm jantung Marty ya Vin...lama ngga baca apdetan di sini (scr gw OL msh bentar2 aja), deg2an aja baca judul ada ECHO-nya gitu ;( ternyataaaa...

    susah ya Vin nyari PTK ANak RSCM? next kalo ada perlu sbnrnya ada adek gw (Melly) yg lg ambil spesialisasi anak skrg...loe liat aja di FS gw...add aja kali2 pas ada perlu ke RSCM lg, moga2 sih ngga.
    (kalo gw blm balik aktif di RSCM lg sih)

    BalasHapus
  4. Tadi gue bilang sama Marty gini : "Marty jangan kesini-sini lagi yah, kecuali kalo nanti Marty kuliahnya di sini atau macarin cewek yg kuliah di sini" :)
    BTW nanti gue add deh Melly, tapi mudah2an kalo ketemuan bukan di RSCM :)

    BalasHapus
  5. maaaaak... dah mikirin pacaran aja.. hehehe

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah gak ada apa2 ya Vin.
    Mudah2an Marty sehat selalu, cepet gede, jadi anak pinter yang sholeh (doa saya setiap pagi Zaki pamit sekolah).... dan cepet ter-realisir keinginan maknya untuk Marty bisa macarin anak kedokteran....ha ha ha!!!

    BalasHapus
  7. Kan nggak berasa Inga. Tau-tau nanti bocah-bocah kita udah minta dilamarin anak gadis orang :D

    BalasHapus
  8. Alhamdullilah marty gapapa....

    deg-degan juga baca " Echo "
    Sehat terus ya sayang.....

    BalasHapus
  9. Iya mbak, Alhamdulillah banget deh...Kalo ingat gimana rasanya, amit-amit deh...jangan sampai kejadian lagi

    BalasHapus
  10. aduh viiinn. gw udh hampir nangis bacanya, mata gw dah smp berkaca2 gini..alhamdulillah marty ga papa yah.. sehat trus yah..
    baca tulisan lo, jd inget pengalaman mendebarkan gw bbrp waktu lalu dg thalassemianya naura.. mana sama2 RSCM pulak! huhu RSCM emang bikin trauma ya..:p untung gw masih ditemenin ama dokter ian, klo gak dah bete lah gw nyari si PTK itu..
    gw kudu balik ke sana lg pas naura 2 thn buat kontrol lagi sama si ahli hematologi anak..

    tetap sehat dan semangat ya kak martyyyy!!! :)

    BalasHapus
  11. Iya Niq, gue juga inget elo waktu itu. Gue mikirnya pasti gini perasaan mama Naura. Mudah2an Naura juga sehat-sehat ya Niq...

    BalasHapus
  12. Alhamdulilah Marty sehat. Cium sayang untuk Marty...

    BalasHapus
  13. hiks.. jadi terharu. aku juga nggak kebayang kalau Hanif kenapa-napa. emang betul Vin, jangankan sakit parah, sakit dikit aja rasanya pengen tukeran aja, biar kita yang sakit. duh mas Marty bikin mimi deg-an ya.. tapi Alhamdulillah sehat, dan semoga selalu sehat ya..

    BalasHapus
  14. Iya mbak, anak demam aja kita khawatir ya, apalagi sakit yg parah. Duh, nggak kebayang deh...

    BalasHapus
  15. duuuh berlinang air mata waktu bacanya mba'...syukur ga ada orang yang datang kalo ga khan malu (nangis)...alhamdulillah b'marty sehat ya....sehat selalu ya b'marty sayang dan jadi kebanggaan orang tua....

    BalasHapus
  16. Terima kasih ya...Farsya juga mudah2an sehat terus

    BalasHapus