Selasa, 05 Februari 2008

Agresif

Pada dasarnya Marty adalah anak yg kalem. Walaupun seperti anak-anak lain dia juga nggak bisa diam, selalu bergerak, tapi dia tidak agresif. Hal ini belakangan menjadi kelemahannya.

Dari dulu waktu masih kecil (baca: belum bisa ngomong) setiap main sama teman krucilnya (anak tetangga depan rumah) dia selalu mengalah. Mainan apapun yg dia pegang selalu direbut oleh teman krucilnya, dan dia akan beralih ke mainan lain utk kemudian direbut lagi. Begitu terus.

Saya ajarkan dia utk mempertahankan haknya. Kalau dia nggak suka mainannya direbut dia boleh protes. Setelah dia bisa ngomong dia mulai memperlihatkan ketidaksukaannya setiap kali mainannya direbut. Biasanya dia bilang : “jangan diambil ya, ini punya mas Malty. Egy (nama teman krucilnya) main yg lain aja” sambil tetap memegang mainan yg akan direbut. Sampai di sini masalah dengan si teman krucil bisa diselesaikan.

Masalah baru timbul kalau dia bertemu dengan anak-anak lain yg baru atau belum dikenalnya, misalnya di arena bermain. Dia memilih utk mengalah kalau terlibat dalam perebutan. Kalau ada anak2 lain yg berebut utk memainkan satu permainan biasanya dia menyingkir. Misalnya beberapa waktu lalu, dia sedang main perosotan dan datang 3-4 anak lain (kebetulan anak2 ini mainnya nggak mau gantian, jadi saling berebut), Marty langsung duduk di dekat saya sambil ngomong : “banyak kakak, mas Malty mainnya nanti aja” dan dia menunggu dengan sabar sampai anak2 itu pergi.

Beberapa hari yg lalu waktu sedang menunggu giliran imunisasi di DSA seperti biasa dia main di arena bermain di ruang tunggu. Dia sedang main kuda2an waktu ada anak yg sepertinya lebih tua, datang dan memukul kepalanya. Saya tunggu reaksi Marty, dia cuma melihat anak itu dengan pandangan bingung. Pada pukulan ke-tiga saya tangkap tangan anak itu, saya kasih tahu kalau dia nggak boleh main pukul sembarangan. Herannya ibu si anak diam saja melihat anaknya (dia nggak tahu, dibalik senyum malaikat yg saya perlihatkan saya meremas tangan anaknya, emosi bo!!!). Setelah itu saya bicara sama Marty, saya ajarkan supaya dia membalas kalau ada yg main pukul sembarangan. Tapi dengan suara cemprengnya dia jawab dengan keras : “gak ucah mi, nggak papa kok, nggak cakit”….Halah, capek deh!!! Emaknya udah emosi anaknya malah adem-adem aja.

Bagaimana ya mengajarkan anak agar lebih agresif, supaya dia bisa membela dirinya bila ada orang yg berbuat semena-mena. Apa perlu diajarkan martial art ya? (taelah…bisa jadi Jet Lee nih…). Saya pernah baca kalau anak yg terbiasa mengkonsumsi kudapan manis cenderung lebih agresif, apa karena Marty nggak suka manis makanya dia cenderung tidak agresif?

10 komentar:

  1. iya mbak, gimana ya caranya mengajarkan anak untuk bersikap tegas sama anak yg jahatin dia tanpa bikin mereka jadi agresif. Hanif juga pengen aku ajarin, soalnya disini ada anak yang suka rebut2 maenan hanif sampe aku takut Hanif dipukul atau diapain gitu.

    BalasHapus
  2. ada baiknya dan ada jeleknya juga ya mba'...kl baeknya sepertinya marty anak yang penyabar ya....kl jeleknya mungkin seperti yang mba' takuti itu..beda ama farsya, malah anak yang lebih tua dari farsya ampe takut ama farsya hehehe

    BalasHapus
  3. yang gue tau, kita tetap secara konsisten harus bilang ke anak kita bahwa TIDAK BOLEH ada yang memukul dirinya. kalau ada yang memukul, anak kita harus diajarin untuk bilang bahwa ia tidak boleh dipukul, tidak suka dipukul dsb..

    yang elo lakuin udah bener sih Vine.. tinggal lebih konsisten aja.. gue juga ngeri nih sama yang begituan.. karena itu kan mempengaruhi konsep dirinya.. apakah saya orang yang tertindas, biasa tertindas.. so it's okay if someone hit me.

    bukan masalah sakitnya, tapi konsep dirinya.. ya ngga Ummi?

    BalasHapus
  4. Marty kayaknya anaknya baik dan kalem banget yach, Vivine....bagus bukan daripada anak yang nakal yang suka main pukul atau rebut mainan orang?
    Cuman kalo ada yg main pukul sama dia memang itu mah aku juga nggak bakal terima say, sama dengan dikau pasti emosi juga...:D
    Kalo si Niko ada yg mukul dia langsung teriak biasanya," No hitting, it's not acceptable behaviour" heheheheh...

    BalasHapus
  5. Aloooo anakku kalem juga tuh kalo ada yg mukul apa hanya cuma ngadu aja kegua, terus gua bilang jangan diem aja kamu teriak yah jadi mummy tahu, eh akhirnya untung anak gua nurut deh, kalo ada yg jahatin atau mukul mereka pasti teriak juga hahhaha sama kaya anak loe Eva..........terus anak gua langsung kasih tahu ke mumnya, bahwa anaknya nakal.
    Kalo Caitlin beda lg kalo ada yg mukul dia bales lagi tuh, malahan kalo ada yg mukul sekali caitlin balesnya lebih banyak hahahha....galak anak gua yg cewe, pernah sekali lagi main kaya di Time zone gitu, eh anaknya kayanya lebih gedean dikit deh dari Caitlin mana cowo lagi, eh mukul anak gua, caitlin lg ngga apa2 juga, eh caitlin beraksi......dia kejar tuh anak kena langsung aja tuh di geplokin...mumnya anak itu tahu teriak2 eh2....dont hitting my son, yah gua samperin aja tuh mumnya, gua bilang aja anaknya mukul duluan ke caitlin. Dasar...dasar..............anak gua yg cewe mau jadi preman kali yah hahahha

    BalasHapus
  6. Harus hati-hati nih kalau ketemu Farsya, hehehehehe

    BalasHapus
  7. Betul!!! Mana anak sekolah sekarang kan pada demen main tindas-menindas, halah...

    BalasHapus
  8. Iya, mau diajarin juga utk menolak disakiti. Itu pengalaman pertamanya dipukul, makanya dia cuma bisa bingung

    BalasHapus
  9. Seperti katanya Inga, kita harus konsisten kasih tahunya.

    BalasHapus