Kamis, 13 Maret 2008

ASI is the best!!!

Udah beberapa minggu belakangan ini gue rajin ngajak Marty ke pasar tradisional. Untuk menuju pasar ini kita harus lewat perkampungan dgn gang-gang sempit. Jalannya juga sengaja muter agak jauhan supaya sekalian olah raga, biar Marty berasa puas juga didorong sepedanya.

Tadi pagi ada yg bikin gue miris. Ada seorang ibu yg sedang menjemur anaknya yg masih merah sambil si bayi disusui (pakai dot) yg dari warnanyapun gue tahu kalau itu bukan ASI. Memang pilihan utk memberi ASI atau tidak ASI ada di tangan orang tuanya. Tapi alasan ibu yg satu ini terdengar konyol di telinga gue. Sementara anaknya nangis2 si ibu tetap memaksa anaknya minum susu sambil ngomong kurang lebih begini : " minum dong, udah mahal-mahal dibeli nggak diminum. Maunya netek aja, mana bisa gendut" Duh duh duh...apa sih pentingnya membuat anak jadi gendut?

Beberapa bulan yg lalu pernah juga ada kejadian kaya' gini. Ada 3 orang ibu yg sedang menjemur bayi2nya. Semua bayi itu sedang menyusu pakai dot. Ibu-ibu ini sibuk membangga-banggakan harga susu anaknya masing-masing. Bukannya menghina ya, tapi ibu-ibu ini dari kalangan bawah. Mereka penghuni kontrakan bulanan di gang sempit perkampungan di belakang rumah gue. Apa nggak kepikir kalo nanti anaknya makin gede maka demand nya juga makin gede, apa nggak kebobolan ya tuh kantong cuma buat beli susu yg sekalengnya ratusan ribu? Kalo gue mikirnya suka gini : "apa tuh ibu-ibu nggak pingin ya anak-anaknya bisa sekolah di sekolah Internasional?" he he he...kan dari pada duitnya dibuang-buang mending ditabung buat biaya sekolah anak. Susu mah yg gratisan aja :D
 
Trus kalo lihat di TV juga banyak bayi yg kekurangan gizi karena ortunya nggak mampu beli susu. Coba deh kalo dikasih ASI pasti nggak gitu kejadiannya, soalnya dulu Marty juga cuma minum ASI aja sampai umur 11 bulan tapi nggak sampai kekurangan gizi.
Ada juga orang tua kurang ajar yg semena-mena sama anaknya. Coba ya tuh bapak, penghasilannya 20rb sehari, tapi 12rb habis buat beli rokok sisanya baru dikasih ke istrinya buat biaya makan sekeluarga, gimana anaknya nggak kekurangan gizi?
Belum lama ini yang bikin gondok, ada tayangan tentang batita dgn status gizi buruk,beratnya nggak sampai 10kg. Tapi bo, penampilan ibunya bikin gue pingin nempeleng tuh ibu! Sementara anaknya terbaring lemah dgn tulang-tulang menonjol, si ibu yg berbalut baju ketat ini masih terlihat semok berisi, dan you know what?...rambutnya di-rebonding dan diwarnai pula! berapa coba tuh biayanya???

12 komentar:

  1. gue juga pengen nempeleng nih rasanya..
    kok ya tega-teganya. gue mah mendingan bergaya hidup kere tapi semua kebutuhan anak tercukupi.

    setuju.. ASI is the best!

    BalasHapus
  2. Betul 'nga. Perasaan sejak punya anak banyak banget anggaran buat bersenang-senang yg rela gue tinggalkan demi anak. Heran deh kalo ada ortu yg mentingin penampilan dibanding kebutuhan anaknya

    BalasHapus
  3. itu akibat kurang informasi dan kemakan iklan, jadinya kaya gitu tuh Vien. bangga liat anak gendut, bangga liat anak minum sufor. kalo di aku ada tetangga bangga banget anaknya batpil biasa trus dresepin obat 400 rebu ama si dokter. kebayang g kalo anaknya batpil 5x dalam setahun. hihihi..

    BalasHapus
  4. hi hi..setuju asi is the best dan gratis pula

    BalasHapus
  5. gw ga nonton liputannya, tp dengernya ajah gemezs abis, kurangnya penyuluhan dan pendidikan kepada si ibu n pengen terlihat hebat di lingkungannya.
    dia ga tau ape ye...yg da pendidikan tinggi aja ngasih anaknya ASI, padahal mereka dulu juga netek ama emaknye...

    BalasHapus
  6. boooooo gw mendingan puasa dan dekil daripada anak gw ga makan deeeehhh...
    *pgn banget getok tu ibu2 yg rambutnya diwarnain dan badannya semok*

    BalasHapus
  7. Apa hebatnya punya rambut lurus bak disetrika & body anak kaya' papan cucian? heran...heran...

    BalasHapus
  8. boooooo untungnya loe gak musti sampe puasa dan dekil deeeehhh... hehehehehe....

    BalasHapus
  9. Betul Mba Vien....ikutan pengin nonjok nich....miris banget liat anak-anak yang kurang gizi tapi nyokap or bokapnya badannya semok-2....kalo sama-2 berbalut tulang si gak papa....itu namanya memang kekurangan gizi sekeluarga....tapi anehnya kenapa cuma yang balita ya.....

    BalasHapus
  10. Wah jadi banyak yang pingin ikut ngeroyokin, hehehehe

    BalasHapus