Minggu, 13 Januari 2008

Weaning with love

Dulu waktu Marty mengurangi sendiri frekwensi mimiknya, kami mengira dia sedang dalam tahap weaning. Kamipun membantunya supaya dia bisa sukses menyapih dirinya sendiri tanpa dipaksa. Tapi sekarang --lebih dari setengah tahun kemudian-- belum ada tanda-tanda dia bakal berhenti mimik. Memang frekwensinya sudah sangat jarang. Dia cuma mimik sebelum tidur dan saat bangun tidur. Nah, mimik yg bangun tidur inilah yg kadang bikin saya putus asa karena bisa lamaaaaaa...aaa sekali, soalnya dia sambil ngulet dan bermalas-malasan dulu. Durasinya bisa sampai 30-45 menit (disusuin segitu lamanya dengan produksi ASI yg semakin seret sama sekali bukan hal yg menyenangkan!)

Bicara soal sapih-menyapih, saya mau cerita tentang dua proses weaning yg terjadi di sekitar kami. Yang pertama proses weaning nya Abang Rie, sepupunya Marty. Dulu ortunya berusaha dgn berbagai cara utk menyapihnya, secara si Abang sakaw nenen sampe males makan ;D he he he... PD ibunya dikasih pahit-pahit atau bau-bauan yg gak enak tetap aja dihajar nenen, dicoretin lipstick atau digambar-gambar dia cuek aja. Sampai putingnya diplester pake tensoplast tetap aja dihisap. Akhirnya dia memutuskan utk berhenti nenen waktu umurnya hampir 3,5 thn karena kasihan melihat ibunya yg muntah2 morning sickness. Abang berhenti nenen dengan 'janji' akan kembali nenen kalo adeknya udah lahir. Benar aja, sekarang setelah adek Beby lahir si Abang nenen lagi! weleh weleh deh si Abang...Oh iya, dulu waktu tau si Abang bakal punya adek (bahkan sampai pertama kali lihat adek Beby) Marty sering merengek minta 'dibelikan' adek. Tapi setelah lihat kalo ternyata bayi juga nenen, dia nggak mau lagi punya adek. Katanya 'nanti nggak bisa mimik...nenen mimi buat mas Malty aja' ha ha ha...

Cerita yg ke-dua lumayan unik. Ini proses weaningnya anak tetangga, krucil teman mainnya Marty. Sudah beberapa hari ini dia lebih rewel dari biasanya. Ibunya cerita kalau ternyata si teman krucil sedang dalam proses disapih. Cara menyapihnya ini yg agak aneh (paling nggak buat saya). Ceritanya si anak dibawa ke rumah 'orang pintar' , dan entah apa yg terjadi di sana yg jelas sejak pulang dari rumah 'orang pintar' ini si anak menolak utk disusui. Akibatnya dia jadi uring-uringan dan rewel minta ampun, terutama kalau sedang ngantuk. Kasihan juga ya kalau harus melalui tahapan rewel gini, pasti anaknya tersiksa banget kan?

Marty saya kasih tahu kalau teman krucilnya udah nggak boleh nenen lagi. Dia cuma nanya kenapa? Setelah saya jawab panjang lebarpun tetap aja dia nanya lagi kenapa? hehehe... Tapi entah kebetulan atau terpengaruh cerita tentang teman krucilnya, sudah 3 hari ini dia nggak minta mimik lagi sebelum tidur. Ditawarin juga dia nolak, dia bilang 'peluk-peluk aja' . Jadi udah 3 hari ini dia sukses tidur tanpa mimik. Tapi kalau terbangun tengah malam tetap aja dia ngusel cari mimik. Gitu juga kalo bangun tidur pagi hari, teteup ajah mimik sambil ngulet dan malas-malasan!!!

Saya nggak tahu sampai kapan akan terus memberikan ASI buat Marty. Terus terang aja sampai saat ini belum ada niat utk menyapihnya, karena saya belum sanggup kehilangan moment2 indah saat menyusuinya (juga moment2 nggak indahnya seperti digigit atau terasa lecet karena dihisap terlalu lama). Lagipula hitung2 sebagai reward buat dia karena selalu menghabiskan makannya dan karena sekarang dia sudah mau minum susu. Susu UHT nya sdh tdk disimpan di kulkas lagi karena setiap dia buka kulkas dan lihat kotak susu pasti diambil dan diminum. Kalo nggak dijatah bisa 5-6 kotak sehari!

6 komentar:

  1. milk-addict yah.. hehehe...
    wah, proses weaning emang susah yah.....

    **melamun**

    BalasHapus
  2. nanti aja ya kak Malty.. Ata juga belum mau berhenti nyonyo tutu mamah.. tapi kalo diliatin orang, Ata malu untuk nyonyo :p

    enakan juga nyonyo tutu mamah (kalo kata kak Malty mimi tutu mimi)

    BalasHapus
  3. Iya, Marty juga udah lama nggak mau lagi mimik di sembarang tempat. Katanya 'nanti mimi malu sama om'. Nah lho??? :D

    BalasHapus
  4. anin juga masih suka mik nenen, mas marty...... bahkan tiap kali nangis sekarang teriaknya bukan "embuuuuuk.." tapi "neneeeeen... neneeeen".

    BalasHapus
  5. huhuhuhu.... tq sharingnya mom...
    lagi cari2 inspirasi nih... :)

    BalasHapus