Senin, 26 November 2007

Bye bye diaper

Sejak lulus potty training beberapa bulan yg lalu Marty pakai diaper cuma kalo pergi atau tidur malam aja. Emaknya yg pemalas ini belum sanggup deh kalau harus bangun tengah malam ngajak dia ke kamar mandi cuma supaya dia nggak ngompol.
Sampai akhirnya kurang lebih sebulan yang lalu tiba-tiba menjelang tidur dia minta diapernya dibuka. Gue dan Abinya ngerayu2 supaya dia tetap pakai diaper tapi lama-lama dia malah makin merengek sampai nangis nangis segala. "Ayo dong mi....popoknya buka dulu deh" ...Gitu terus berulang2 sampai akhirnya kita yg nyerah dan ngebolehin dia tidur tanpa diaper. Akhirnya perlak yg gak pernah dipakai sejak lahir dikeluarkan lagi buat jaga-jaga supaya kasur nggak basah (sebenarnya perlak yg ukurannya gak seberapa itu gak akan membantu karena tidurnya muter2.
Mulai malam itu dia selalu nolak setiap dipakaikan diaper. Ritual sebelum tidur adalah membisikkan sugesti di telinganya supaya dia jangan ngompol. Entah kebetulan atau memang hipnosisnya berhasil sampai hari ini dia belum pernah ngompol, kecuali 1 kali karena gue ketiduran duluan sementara dia pergi sama Om nya dan ketiduran di jalan, jadinya nggak ada yg bisikin hipnosis di telinganya.
Sekarang sih tanpa hipnosispun dia udah nggak ngompol lagi. Persediaan diaper yg dibeli awal bulan lalu belum terpakai sampai sekarang. Baru dipakai 1 buat pergi, itupun sampai di rumah lagi diapernya masih kering.
Lumayan...mulai bulan depan anggaran belanja bisa berkurang banyak nih

12 komentar:

  1. Ah.. berhasil ya hipnosisnya.. kok gue gak berhasil ya?

    BalasHapus
  2. join de klaaaaaaaab....

    klab ibu2 malas bangun malem u/ mipisin anaknya maksute :p

    BalasHapus
  3. Wah selamat Vivine....seneng banget dech dulu pas anakku lepas diaper juga.....Well done, Marty....

    BalasHapus
  4. ajarin dong soal toilet trainingnya.. aku juga lagi mulai ngumpulin info, pengen mulai ngajarin anakku nih..

    BalasHapus
  5. Mungkin memang karena ada keinginan juga dari dia utk nggak ngompol, makanya berhasil. Soalnya kalau gue hipnosis supaya minum susunya yg banyak, tetap aja gagal. Sehari dia cuma minum susu 1x 250ml, itu juga musti disendokin.

    BalasHapus
  6. Situ kan harus bgn pagi buat ngantor. Nah sini gak ke mana-mana. berarti masih malesan sini dong...;P

    BalasHapus
  7. Makasih mbak....Iya nih senang, bakal lebih irit soalnya hi hi hi ...

    BalasHapus
  8. Agak panjang nih balasannya...
    Yang penting sih ada komitmen dari ibu / pengasuhnya dan anaknya udah siap. Marty dulu di training umur 14 bln kalo nggak salah. Kalau pagi didudukin di toilet supaya pup. Dia tuh kalo pup nggak pakai gesture tau2 keluar aja, sejak di training pup nya jadi rutin setiap bangun pagi. Kalo buat pee nya, setiap 1 jam sekali dibawa ke toilet. 2-3 hari kemudian kebaca deh iramanya, dia tuh pipis setiap 2 jam. Lama-lama dia bisa mengenali rasa kalau mau pipis. Kebetulan udah bisa bilang "pipis", jadi kalau mo pipis dia bilang. Gak lama kok, kurang lebih 2 mingguan udah lulus. Yang penting juga anaknya udah siap, kalau masih terlalu kecil kan susah juga ya, dia nggak bisa ngasih tanda kalau ada keinginan ke belakang.

    BalasHapus
  9. duh asyiknya dah ngga ngompol lagi ....
    selamat ya marty ... ritual sebelum tidurnya boleh juga nih dicoba ...

    BalasHapus
  10. kak marty pinter ya, udah gak ngompol lagi :)

    Anin klo malam juga udah jarang ngompol lho kak... jadi gak perlu diaper lagi.... panas & gak nyaman klo pake diaper.
    tapi klo malam2 anin terbangun tapi ibu & bapak masih bobok ya anin ngompol aja, soalnya gak boleh ke toilet sendiri sih :D

    BalasHapus
  11. iya yah, mungkin ini juga sebabnya Marty ogah banget pake diaper

    BalasHapus